Selasa, 25 Desember 2018

Hargailah orang lain maka kau akan dihargai oleh orang lain

Dalam kehidupan ini terdapat cerminan dari hukum sebab akibat. Untuk itu jangan kau sia-siakan hidupmu untuk hal-hal yang tidak berguna, syukuri dan terus berbuat baik kepada sesama, hindari dan jauhi hal-hal yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain
  Kita sebagai mahluk sosial yang akan selalu bergantung dan akan selalu saling membutuhkan antara yang satu dengan yang lain. Jangan memandang orang lain hanya dari apa yang terlihat, lihatlah dari ketulusan dan keikhlasan, apa dan mengapa hal tersebut dilakukan. Dengan begitu kita akan tahu dan akan lebih bisa menghargai orang lain.
  "Hargai" berasal dari kata dasar harga dalam penyebutan nilai nominal. Dalam konteks hubungan antar manusia, kita sebagai mahluk sosial yang tidak akan terlepas satu sama lain, adanya kesadaran antar individu, golongan/ kelompok untuk saling menghargai dan menghormati hak-hak dan menjalankan kewajiban masing- masing sehingga akan tercipta kehidupan yang harmonis.
  Perbedaan pendapat  itu sudah biasa dan pasti karena setiap orang mempunyai sifat dan pribadi yng berbeda serta persepsi/pendapat yang berbeda pula dalam menanggapi dan menilai sesuatu hal.
Dengan begitu lihatlah setiap permasalahan jangan hanya dari satu sisi, lihatlah dari segi positif dan negatifnya, apa permasalahannya, mengapa hal tersebut terjadi /dilakukan efek apa yang akan terjadi/kita terima  sehingga kita bisa menentukan / mengambil kesimpulan terbaik dalam mengambil keputusan apa yang seharusnya dilakukan tanpa harus menyinggung dan menyakiti hati dan perasaan orang lain (lawan bicara kita).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar